SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BELANTING

Artikel

KKN PMD UNRAM 2023 Desa Belanting Tuntaskan 3 Program Kerja Utama dengan Tema Desa Tangguh Bencana

28 Juli 2023 10:56:41  DESA BELANTING  66 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa Belanting - Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dari Universitas Mataram (UNRAM) tahun 2023 di Desa Belanting telah mengimplementasikan sejumlah program kerja utama yang bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan dan kesadaran bencana di kalangan masyarakat. Sejak penerimaan mahasiswa KKN PMD UNRAM 2023 pada Rabu, (21/06) oleh pemerintah desa, tim KKN telah bekerja keras dalam menjalankan program-program yang memberikan manfaat nyata bagi Desa Belanting.

Dengan membawa tema Desa Tangguh Bencana, tim KKN memiliki 3 program kerja utama, yaitu pemetaan dan identifikasi potensi longsor, sosialisasi mengenai daerah rawan bencana dan jalur evakuasi di desa Belanting, serta pembuatan jalur dan rambu-rambu evakuasi. Selain itu terdapat 4 program kerja tambahan yang meliputi membantu mengajar di sekolah, membantu kegiatan di TPQ, piket kantor desa, dan Bakti sosial.

Program kerja utama yang pertama adalah Pemetaan dan Identifikasi Potensi Longsor.  Kegiatan ini melibatkan anggota SIBAT Desa Belanting dalam penerbangan drone selama dua hari, yakni pada 12-13 Juli. Penerbangan drone dilakukan dengan tujuan untuk pengamatan yang berguna untuk pemetaan dan mengidentifikasi potensi longsor di wilayah desa tersebut selain melakukan pengamatan langsung di lokasi yang terjangkau. Data yang terkumpul melalui pengamatan drone akan menjadi landasan informasi yang penting dalam pembuatan peta daerah-daerah rawan longsor serta jalur evakuasi di Desa Belanting.

Selanjutnya, program kerja kedua yaitu Pembuatan Rambu-Rambu Evakuasi. Kegiatan ini telah terlaksana pada 24-25 Juli 2023, tim KKN PMD UNRAM 2023 bekerja sama dengan pemuda desa dalam memasang rambu-rambu evakuasi di lima lokasi strategis di Desa Belanting. Langkah ini bertujuan untuk memberikan panduan yang jelas bagi masyarakat saat menghadapi situasi darurat, sehingga dapat meningkatkan kesiapsiagaan mereka dalam menghadapi bencana. 6


Kemudian, sosialisasi tentang "Daerah Rawan Bencana dan Jalur Evakuasi di Desa Belanting" merupakan program kerja utama lainnya yang telah berhasil terlaksana pada Kamis, 27 Juli 2023. Dalam sosialisasi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur berperan sebagai pemateri, memberikan pengetahuan yang lebih mendalam kepada masyarakat tentang daerah rawan bencana dan jalur evakuasi yang aman saat bencana terjadi. Acara sosialisasi juga dihadiri oleh Kepala Desa, Kepala Dusun, Ketua SIBAT Desa Belanting dan anggotanya, Ketua Karang Taruna, perwakilan warga desa, serta anak-anak sekolah.

Sedangkan Program kerja tambahan seperti membantu mengajar di TPQ, membantu dalam kegiatan Posyandu, Jumat Bersih di Kantor Desa, dan bakti Sosial masih berjalan.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya TGH Mutawalli LC
Desa : Belanting
Kecamatan : Sambelia
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83656
Telepon : 087763255608
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:319
    Kemarin:279
    Total Pengunjung:87.728
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.39.120
    Browser:Tidak ditemukan